Senin, 06 Agustus 2012

Memasang Sepeda Baru | New Bicycle Assembly



Setelah lama memilih sepeda, hal yang menyenangkan itu waktu sepeda diantar ke rumah. Kalau kita beli langsung di toko biasa sudah dirakitkan/dipasangkan tapi kalau kita beli sepeda itu online, biasa akan datang dalam bentuk dus seperti di atas. Paling mudah memang cukup bawa ke toko sepeda terdekat. Tapi kalau bisa melakukannya sendiri tentu lebih asyik. Pada artikel ini akan saya bahas seandainya kita memilih untuk memasang sendiri. Berikut list perlengkapan yang diperlukan untuk memasang sepeda sendiri:
- Kunci Allen (lupa ukurannya, siapkan saja 1 set)
- Obeng +/-
- Kunci cones, biasa dijual sepasang berukuran 13,14,15,16 untuk memasang sepeda
- Pelumas water proof untuk melumasi bagian dimana logam ketemu logam (stem, seat post)



Berikut penampakannyta setelah dus dibuka, tidak terlalu menyeramkan bukan? Biasanya di dalam dus, mayoritas sudah terpasang rapi. Bagian yang masih terlepas yaitu: dropbar/handlebar, ban depan, dan seatpost. 



Kita mulai dengan mengeluarkan semua part dan memotong semua cable ties/zip ties yang terdapat di dalamnya. Hati - hati jangan sampai membuat cat terkelupas oleh gunting yang dipakai, dan jangan membuang dus ataupun plastik - plastik yang terdapat padanya supaya kalau kita mau pack sepedanya kembali (misal mau sepedaan di Kuala Lumpur ataupun di negara lainnya) tinggal dipack. Perhatikan pada sekitar roda terdapat plastik di as nya, waktu saya pertama kali melepas plastik itu secara tidak sengaja merusak plastiknya sehingga tidak bisa dipakai kembali, plastik ini sebetulnya untuk menahan supaya roda tidak goncang dan mengenai frame.



Lalu kita mulai memasang roda depannya, biasanya as quick release tidak menempel pada hub depan, memasangnya juga nggak sulit cukup dibuka dan dimasukkan ke ban depan. Setelah quick release ini dipasang, kita pasang ke fork depan. Dikencangkan dan dikunci, pastikan kunci menghadap atas dan bukan menghadap depan sehingga berbentuk menyerupai tanduk, supaya tidak menyebabkan kecelakaan.
Berikutnya drop bar dan handle bar dipasang, cukup mudah kok tinggal lepas bagian stem dengan menggunakan allen wrench lalu dipasang kembali, jangan lupa beri sedikit pelumas di bagian di mana logam dan logam bertemu, tujuannya untuk mengurangi gesekan, memperpanjang umur frame, mengurangi resiko karat.


Dan terakhir, pasang seat post, pasang semua kabel dan setel RD dan FD nya (kalau sepeda polygon semua kabel sudah terpasang). Untuk penyetelan FD dan RD bisa diikuti di video berikut:



Setel dulu RD sebelum mulai adjust FD nya, karena setelan FD sangat bergantung pada setelan RD.



Dan kemudian setel FD nya. Jangan lupa ada barrel adjuster untuk menambah atau mengurangi tegangan. Saya menghabiskan waktu sangat lama untuk setel FD dan RD pertama kali, hanya karena saya nggak tahu ada barrel adjuster ini. Ada kalanya setelan cukup untuk gigi kecil tapi kurang untuk gigi besar, dan sebaliknya. Ternyata hal ini bisa dengan mudah dibantu dengan barrel adjuster. Barrel adjuster ini lokasinya di bagian down tube untuk sepeda balap dan di dekat shifter kalau di sepeda MTB.

Mudah bukan? dan memasang sendiri menambah keasyikan dari pengalaman memiliki sepeda baru.

Terima kasih sudah membaca kalau ada yang mau ditanyakan bisa lewat comment di bawah.

2 komentar:

Fitrah Muhammad mengatakan...

gambarnya ngga muncul gan.

Ehvan Felix mengatakan...

beli di toko apa nama nya mas andre?