Sabtu, 04 Agustus 2012

Ukuran Sepeda

ukuran sepeda
Ukuran sepeda hanya 1, Itulah yang ada di pikiran saya sebelum saya mulai Bike To Work dan membeli sepeda saya yang pertama kali dengan uang sendiri. Ngobrol - ngobrol di milis B2W Robar, ternyata frame sepeda itu bagaikan baju, ada ukuran dan itu personal setiap orang. Ukuran ini kadang dinyatakan dengan XS, S, M, L, XL ada juga dengan angka. Penentuan SML dari frame pun ternyata tidak ada standard pastinya, S di Polygon bisa berarti M di Giant. Lalu kalau begitu bagaimana cara memilih ukuran yang pas?

Ada 2 cara buat milih, cara simple dan cara susah. Kita bahas cara yang simple dulu yah. Cara paling mudah itu datang ke toko sepedanya lalu minta saran ke yang jual, kalo yang jual pintar seperti di salah satu toko sepeda di Roxy, akan ditunjukan sepeda sepeda yang 'bisa pakai', berikutnya ya dicoba dinaiki,  Pastiin batang yang horizontal (liat gambar di atas, ada labelnya TT, istilah ilmiahnya Top Tube) tidak mentok di selangkangan, pastikan ada jarak sekitar 2 cm, hal ini untuk memudahkan kita berhenti mendadak. Bagian yang kita ukur ini istilahnya Standover Height. jaman dulu standover height menjadi ukuran paten untuk menentukan sepeda ini ini pas untuk kita atau tidak, tapi hal tersebut sudah bukan patokan umum lagi karena setiap sepeda memiliki geometrinya masing - masing dan unik. Lalu cek ketinggian sadelnya, tinggi sadel optimal itu sadel berada sedikit di atas pinggang. Kesannya memang terlalu tinggi karena kaki kita tidak menapak tangan ketika sedang naik sepeda tapi itu wajar, karena sadel yang terlalu rendah berakibat paha membesar dan tenaga gak optimal. Cek video di sebelah untuk cara naik sepeda dengan baik.

Kalau yang dicoba itu sepeda balap atau MTB dengan fork rigid, dengan posisi tangan ada di hood, dilihat as roda depan. Kalau as roda depan ada di depan handlebar berarti stem kurang panjang, kalau as roda depan ada di belakang handlebar berarti stem nya kepanjangan. Ukuran stem itu 8-12 cm, lebih panjang dari 12 cm sepeda kurang stabil, kurang dari 8 cm biasa dipakai di sepeda downhill. Kalau ternyata stem perlu lebih panjang dari 12 cm, berarti sepedanya kekecilan, perlu ganti ke 1 ukuran lebih besar. Kalau stem perlu dipendekin jauh, besar kemungkinan sepedanya kebesaran.

Ok itu kalo cara mudah, kenapa ada cara susah ? cara yang susah itu lebih presisi, beberapa orang lebih suka model hasil perhitungan eksak. Untuk perhitungan eksak bisa dilakukan di sini. Setelah dapat hasilnya biasanya bingung, dengan informasi yang didapat di situ gimana cara milih sepeda yg benar? Untuk pemula seperti kita, cuma perlu lihat ukuran Top Tube (cek gambar paling atas, ada label TT) dan ukuran Seat Tube (label ST), yang paling penting adalah panjang Top Tube. Pas tidaknya sepeda ditentukan dari Top Tube, pilih yang Top Tube nya mendekati dan standover height nya tidak melebihi standover height kita. Contoh: standover height maksimum saya 74 cm, top tube saya 53, Specialized Allez 2010 size S top tube nya 53 cm dan standover height nya 75 cm sedangkan size XS top tube nya 52 dan standover height nya 73 cm, sudah pasti saya memilih yang XS.

Lalu informasi lainnya untuk apa ? Seat tube angle ini biasa berada di rentang 72-76 derajat, semakin tinggi angkanya posisi semakin agresif, kalau dipakai jarak jauh (di atas 100 km) kurang efektif karena lebih capek, sepeda yang fokus ke kenyamanan ataupun untuk endurance biasanya 72 derajat, demikian pula sepeda balap classic ataupun cyclo cross. Head Tube angle itu menentukan stability, panjang sepeda itu penting untuk sepeda balap di mana panjang seharusnya adalah 100 cm, kalau lebih pendek dari 95 cm biasa kurang stabil dan kalau lebih panjang biasa susah nikung. Variabel lainnya yang menentukan kesulitan nikung itu fork rake yaitu jarak ujung fork sebenarnya dibandingkan jika fork itu lurus sempurna.

Kalau ada informasi yang kurang jelas terutama seputar ukuran sepeda silahkan ditanyakan, akan saya coba jawab semampu saya.

Terima kasih sudah membaca

1 komentar:

kenlap koyak mengatakan...

Salam.
Kalo untuk cewek dgn tinggi 157cm, dan utk perjalanan lebih dari 100km itu, bagus nya sepeda yang seperti apa?